blog

Robert Lewandowski Ditolak oleh Klub Menjadi Pemain Terbaik

Robert Lewandowski Ditolak oleh Klub Menjadi Pemain Terbaik

Tahun 2020 dimana Robert Lewandowski dinobatkan oleh FIFA sebagai pemain terbaik versi FIFA 2020. Dirinya berhasil menapak mencapai puncak karier, mungkin tidak banyak yang tau perjuangannya dalam mendaki puncak kesuksesan seperti sekarang ini.

Gelar pemain terbaik versi FIFA 2020 berhasil ia raih, ketika menjadi skuad utama Bayern Munchen di musim lalu. Lewandowski juga berhasil membawa Munchen menyabet gelar juara Bundesliga, DFB Pokal, dan Champions League. 

Pemain yang berasal dari negara Polandia ini, menyumbangkan 10 gol assist dan 55 gol dan dalam 47 pertandingan. Bertambahnya koleksi trofi Bayern juga akan bertambah dua lagi, yaitu Piala Jerman dan Piala Eropa.

Dalam peraihan bersama Bayern Munchen, Lewandowski sukses melewati rekor dua pemain hebat yang bersaing ketat, Leo Messi dan CR7. Ada cerita miris dibalik kesuksesan karir Lewandowski ini, tepatnya ketika dirinya masih berumur remaja. 

Dimana diri nya tidak menyangka sama sekali, jika karir nya bisa melaju hingga menjadi terbaik dunia. Ia sendiri merasa jika mencapai sepakbola profesional saja sudah sungguh sangat bersyukur, ketika remaja ia pernah down hingga titik terendah dalam proses memoles karir sepakbolanya.

Robert Lewandowski Ditolak oleh Klub Menjadi Pemain Terbaik

Kehilangan Ayah, Cedera Dan Ditendang dari Klub Impian

Ketika Lewandowski berusia 17 tahun ia kehilangan orang terdekat dalam hidupnya, Karena sang ayah Krzysztof tutup usia. Sontak Lewandowski remaja sangat stress dan down, disaat dirinya sangat butuh dukungan dari ayahnya. 

Pada saat musibah itu terjadi dirinya baru saja pindah dari tim divisi 4th Polandia, dan masuk ke klub Legia Warsaw salah satu klub sepakbola terbaik di Polandia. Dimana Legia memposisikan sebagai klub terbaik tersebut sudah menyabet 14 gelar liga domestik.

Pindah ke klub terbaik ini, seharusnya bisa memuluskan karier Lewandowski. Namun tidak demikian, cedera menerpa dirinya serta mengharuskan ia absen dalam beberapa pertandingan penting.

Kehilangan Ayahnya serta cedera menghalangi karirnya di klub terbaik, ditambah lagi hanya beberapa minggu absen bermain untuk Legia. Klub langsung membuat keputusan kalau Lewandowski harus dikeluarkan dari klub Legia yang dibela nya.

Kejadian bertubi-tubi tersebut membuat dirinya sangat stress, sang ibu Iwona mengatakan ia sampai tidak mau makan malam yang sudah disediakan. Sang ibu terus membujuknya untuk tidak larut dalam kesedihan, serta mendukungnya untuk bangkit perlahan.

Sampai sang penyelamat karir bagi Lewandowski datang dari klub sepakbola divisi tiga, Znicz Pruszkow. Klub ini memang dikenal sebagai klub yang spesialist merekrut pemain murah, kemudian melatih dan mengasahnya hingga menjadi pemain bernilai tinggi. 

Ketika itu nilai transfer Lewandowski dari Legia hanya 1000 pounds, Pruszkow berhasil merekrut Lewandowski dan membayar gajinya hanya 230 pounds per bulan. Namun terpenting bagi dirinya sudah menemukan tempat bernaung yang mau menerima dirinya untuk berkembang.

Lewandowski yang sudah mulai tenang itu, terus mengasah dirinya itu mulai menunjukkan kualitas permainannya sebagai mesin gol. Pada awal musim ia bergabung bersama Pruszkow, Dirinya mencetak 15 gol serta berhasil membawa klub naik ke divisi yang lebih tinggi. 

Pada tahun 2007 meski ia telah menunjukkan kualitasnya sebagai mesin gol yang cukup tajam, namun ia tetap mendapat banyak penolakan dari klub-klub yang lebih besar. Mantan klubnya Legia Warsaw sempat tertarik untuk meminangnya kembali pada tahun 2008, namun lagi-lagi klub Legia Warsaw menjatuhkan pilihannya kepada pemain lainnya.

Pada tahun yang sama Lewandowski kembali mendapatkan penolakan dari Sporting Gijon, klub yang baru promosi ke Liga utama Spanyol. Lewandowski kemudian memilih bergabung dengan klub Lech Poznan dengan nilai transfer 300 ribu pounds, rival bebuyutan mantan klubnya Legia Warsaw.

Berhasil bergabung Lech, namun saat itu kondisi fisik nya cukup meragukan. Sang kapten tim Bartosz Bosacki ketika itu, mengatakan harusnya kondisi tubuh Lewandowski lebih baik dari saat ini.

“Robert adalah seorang pria atletis hanya saja saat ini dia lebih kurus, sebab itu banyak orang mengira dia punya masalah dalam tubuhnya. Tetapi setelah sesi latihan demi latihan, kami yakin tubuhnya akan bagus,” ucap Bartosz.

Robert Lewandowski Ditolak oleh Klub Menjadi Pemain Terbaik

Perjuangan Mendaki Puncak Kesuksesan Karir Sepakbolanya

Setelah itu tidak butuh waktu terlalu lama bagi Borussia Dortmund, untuk melihat potensi pemain satu ini. Lewandowski kemudian diboyong raksasa Jerman tepat pada musim keduanya di Poznan, torehan Robert tampil di 34 laga dan mencetak 21 gol.

Robert Lewandowski kemudian semakin bersinar di ajang Bundesliga. Tampil pada 187 pertandingan di Bundesliga dirinya berhasil menorehkan 103 gol, rekor itu sumbangkan untuk Dortmund selama empat musim merumput.

Robert Lewandowski Ditolak oleh Klub Menjadi Pemain Terbaik

Melihat perkembangan Lewandowski itu, Bayern Munchen memutuskan untuk meminangnya dari Dortmund pada tahun 2014. Hingga kini nama Robert Lewandowski pantas untuk disebut salah satu legenda klub berjuluk Die Roten itu. 

Dirinya sudah banyak berkontribusi atas gelar-gelar yang sudah diraih oleh Bayern Munchen. Sejauh ini Robert sudah mencetak lebih dari 200 gol untuk klub raksasa Jerman itu, dan sukses meraih 15 gelar dari berbagai ajang kompetisi.